Menghentikan Penularan Virus
Etalase - 109 view


Kasus positif COVID-19 di Indonesia pada akhir Januari 2021 menembus angka satu juta. Hal ini membuat pemerintah harus membuat strategi baru agar dapat meredam pandemi yang berlangsung hampir setahun ini. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan, untuk menghentikan penularan virus SARS CoV-2 ini, pemerintah akan berfokus pada penemuan kasus dan menanganinya dengan segera.

"Di sini, kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras, untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi (3T) bisa kami lakukan dan eksekusi dengan baik," tegas Menteri Budi.

Langkah yang diambil Menteri Budi itu merupakan upaya untuk mengurangi laju penurunan virus. Peningkatan 3T diharapkan dapat menemukan kasus tanpa gejala dengan cepat sehingga pasien dapat segera masuk karantina mandiri sekaligus memutus mata rantai penularan di masyarakat serta mengurangi beban fasilitas pelayanan kesehatan.

Lantas, bagaimana kebijakan baru melawan pandemi ini dilaksanakan? Redaksi Mediakom mengangkatnya sebagai media utama edisi 127 pada Februari 2021. Satu per satu langkah Menteri Budi untuk menghentikan penularan virus yang pertama kali muncul di Wuhan ini akan dibahas, termasuk bagaimana anggota bintara pembina desa dan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat akan diikutsertakan saat melakukan pelacakan kasus.

Bicara tentang Wuhan, redaksi akan mengajak pembaca untuk menyelami kehidupan di kota yang sempat dikarantina selama sekitar tiga bulan tersebut saat COVID-19 pertama kali muncul. Rubrik resensi buku akan mengulas tentang Wuhan Diary yang ditulis oleh sastrawan dari kota tersebut, yang dikenal dengan nama pena Fang Fang.

Pada rubrik profil redaksi akan mengajak pembaca berkenalan dengan sosok muda dan berprestasi dr. Dante Saksono Harbuwono, SpPD.PhD. Pria yang juga menjadi anggota panel ahli dokter kepresidenan tersebut akan berbagi kisah hidupnya hingga ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kesehatan oleh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, artikel ringan yang tersedia dalam rubrik serba-serbi serta Isi Piringku juga akan menemani pembaca. Jangan sampai terlewatkan untuk menyimak ragam kegiatan di lingkungan Kementerian Kesehatan dalam rubrik peristiwa.

 

Selamat Membaca!

 

Salam Redaksi


Index ePaper Download PDF ePaper