Pita Kuning: Pendampingan Anak Penyintas Kanker Prasejahtera
Potret - 70 view


 

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia memberikan pendampingan dan penyaluran dana kepada anak dan keluarga penyintas kanker.

Berawal dari niat untuk membantu adik-adik pasien kanker di Rumah Sakit Kanker Dharmais, Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia atau biasa disebut Pita Kuning ini didirikan. Tujuannya ingin membantu keluarga  prasejahtera lewat perawatan psikososial dan asuhan paliatif terhadap pasien kanker secara khusus.

Melalui sebuah program siaran radio di Hardrock FM Jakarta, Pandji Pragiwaksono merupakan sosok yang memprakarsai berdirinya Pita Kuning. Pada 26 April 2007, komunitas ini berubah bentuk menjadi sebuah yayasan filantropi bagi anak dengan kanker dengan nama Yayasan Pita Kuning. 

“Pita kuning berdiri atas inisiatif sebuah komunitas yaitu Community for children with cancer yang berawal dari sebuah program siaran radio di Hard Rock FM Jakarta yang dimotori oleh Pandji Pragiwaksono dan Stenny Agustaf,” kata Kepala Operasional Yayasan Pita Kuning, Ning Triranto Mahayu, S. Sos, MM melalui keterangan tertulis pada Kamis, 17 Juni 2021. 

Ning menjelaskan tujuan tersebut diwujudkan dengan beberapa hal, antara lain, memberikan pendampingan psikososial berkala yang dirancang secara personal sejak mulai diagnosa bagi anak Pita Kuning dan keluarga, menyalurkan dana bantuan kebutuhan bulanan bagi anak Pita Kuning yang disesuaikan dengan perawatan paliatif, membantu penggalangan dana bagi anak Pita Kuning yang membutuhkan pengobatan dengan biaya besar yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan, menyediakan akses konseling dan informasi atas kebutuhan perawatan paliatif bagi anak dengan kanker melalui kemitraan yang berbasis komunitas.

Selain itu, kata Ning, Yayasan Pita Kuning memiliki 2 kegiatan utama, yaitu melakukan layanan pendampingan dan layanan dana bantuan. Pendampingan Yayasan Pita Kuning, terbagi dua, yaitu pendampingan oleh pekerja sosial dan pendampingan oleh relawan.

Pekerja sosial di Pita Kuning adalah pekerja dengan latar belakang pendidikan minimal D4 Ilmu Kesejahteraan Sosial/ Pekerjaan Sosial. Pendampingan yang diberikan didasari oleh ilmu, nilai, dan keterampilan yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi sosial anak dengan kanker dan keluarganya sehingga dapat memperbaiki kualitas hidup. Pekerja Sosial akan melakukan assesment dan observasi tentang kebutuhan anak dan keluarga, edukasi tentang perawatan anak dan tumbuh kembangnya, merencanakan intervensi, dan memberikan konseling jika dibutuhkan.

Sedangkan pendampingan yang dilakukan relawan fokus pada pendampingan yang bersifat edutainment. Karena sebagai yayasan yang peduli anak dengan kanker, Pita Kuning sadar hak utama dari seorang anak adalah bermain, belajar, dan bertumbuh. Oleh karena itu, dengan dibantu oleh para relawan, Pita Kuning ingin tetap memberi kesempatan kepada anak-anak penyintas kanker untuk bisa bermain dan belajar seperti anak seusianya. Dengan dua jenis pendampingan ini, Pita Kuning berharap dapat terus mengupayakan peningkatan kualitas hidup bagi anak Pita Kuning dan keluarganya. Layanan lain di Pita Kuning adalah program penyaluran dana bantuan. Kegiatan penyaluran dana ditujukan bagi proses pengobatan dan biaya dukungan dalam memenuhi kenyamanan pasien kanker anak maupun kebutuhan pendampingan di sekelilingnya.
Kegiatan penyaluran dana ditujukan bagi proses pengobatan misalnya saja berupa segala jenis alat pendukung perawatan paliatif yang direkomendasikan oleh dokter, dan tidak ditanggung oleh program Jaminan Kesehatan Nasional. Seperti contohnya alat pendukung: nebulizer, pen, kursi  roda, tabung oksigen; segala jenis kebutuhan dalam perawatan paliatif, yang  berhubungan dengan perawatan medis seperti obat-obatan yang tidak ditanggung oleh program Jaminan Kesehatan Nasional (sesuai  dengan resep dokter); kebutuhan dalam perawatan paliatif yang berhubungan  dengan dan kesehatan jiwa seperti konseling pribadi; biaya pengurusan jenazah apabila pasien meninggal dunia; dan biaya pemulangan jenazah (khusus untuk wilayah Jabodetabek).
Di samping untuk kebutuhan perawatan dan proses pengobatan pasien kanker anak, penyaluran dana ini juga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga pasien dan pendampingnya (sandang, pangan, papan) seperti sewa tempat tinggal, kebutuhan habis pakai bulanan (diberikan sesuai  dengan observasi relawan dan ditinjau ulang oleh Pita Kuning), dan untuk biaya transportasi.
Bantuan yang diperoleh dari perusahaan maupun individu, dikelola dengan prinsip akuntabilitas dan amanah, dimana laporan audit keuangan dilakukan tiap tahun dan dapat dilihat di website resmi Pita Kuning.
Selain pelayanan yang sifatnya rutin, Pita Kuning juga menyelenggarakan beberapa kegiatan yang tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan sosial pasien anak dan keluarganya, seperti piknik yang bersifat edukatif juga rekreasional, perayaan ulang tahun, dan hari besar, juga group support /sharing session untuk orang tua dan remaja yang dipandu oleh psikolog.
Sejauh ini, ada 985 keluarga kanker telah merasakan manfaat dalam bentuk biaya pengobatan. Dan dalam 2 tahun terakhir, ratusan relawan hadir bersama Pita Kuning di rumah keluarga pejuang kanker. Didampingi oleh pekerja sosial, setiap bulannya, sekitar 40 keluarga menerima dukungan dan asuhan Pita Kuning. Layanan ini pun didukung oleh konsultan profesional di bidang psikologi dan medis. 
Pita kuning juga menerima relawan yang siap membantu memberikan pelayanan edutainment kepada anak penyintas kanker. Pita Kuning memprioritaskan relawan dengan latar belakang pendidikan atau yang memiliki pengalaman di bidang medis, edukasi, psikologi dan pekerja sosial. Perekrutan relawan biasanya diumumkan melalui media sosial Pita Kuning.

“Bisa siapa saja, asal mempunyai minat dan keinginan berkarya di kegiatan sosial serta menyukai berinteraksi dengan anak-anak,” ungkapnya. 


Index ePaper Download PDF ePaper