Puasa di Tengah Pagebluk
Etalase - 119 view


Marhaban ya Ramadan. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan kembali untuk dipertemukan pada bulan yang penuh berkah ini. Kondisi saat ini tidak jauh berbeda dengan satu tahun lalu, ketika kita harus menjalani ibadah puasa di tengah pandemi. Kami berharap kondisi ini bukan menjadi hambatan bagi umat Islam untuk tetap melaksanakan ibadah puasa.

Redaksi Mediakom kali ini mengangkat tema berpuasa di tengah pandemi COVID-19 sebagai Media Utama. Menurut penelitian, puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Namun, bagaimana bagi pasien COVID-19 dengan komorbid? Apakah mereka masih dapat berpuasa? Bagaimana pula dengan ibadah lain, seperti salah tarawih berjamaah? Dengan pembatasan sosial, masih dapatkah hal itu dijalankan? Bagaimana pula dengan metabolisme tubuh ketika orang berpuasa? Semuanya akan kami bahas di edisi kali ini dan diharapkan memberi manfaat bagi pembaca.

Di belahan dunia lain, masyarakat masih berjuang menghadapi pagebluk COVID-19 yang kian mengganas.  Di rubrik Kilas Internasional kami turunkan laporan mengenai dua isu terhangat, yakni gelombang kedua pandemi COVID-19 di India dan wacana pemberian suntikan ketiga vaksin COVID-19.

Masih banyak lagi informasi penting yang turun di edisi ini. Kegiatan di lingkungan Kementerian Kesehatan, misalnya, dapat disimak pada rubrik Peristiwa. Artikel-artikel ringan tersaji dalam rubrik Info Sehat, Serba-serbi dan Isi Piringku, yang akan membahas nilai gizi dalam semangkuk rawon, makanan khas Jawa Timur. Ada rubrik baru yang muncul pada edisi ini, yakni Kolom, yang kali ini akan membahas tentang masalah penderita penyakit kronis ganda.

Selamat membaca!

Salam Redaksi


Index ePaper Download PDF ePaper