Ragam Senam dan Manfaatnya
Info Sehat - 268 view


Tetap di rumah saja untuk membantu memutus mata rantai Covid-19 bukanlah alasan untuk mengurangi aktivitas fisik. Sebaliknya, aktivitas tersebut perlu tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Salah satu aktivitas fisik yang dapat terukur dan menyenangkan untuk dilakukan adalah mengikuti gerakan senam. Instruktur yang memandu, dan biasanya juga diiringi dengan lagu, akan menambah semangat untuk menjalankannya.

Mengutip Kompas, gerakan menyerupai senam sudah dilakukan sejak zaman Yunani kuno, China kuno, Mesir kuno, dan India kuno. Tujuannya, meningkatkan kesehatan tubuh. Di Indonesia senam sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dengan sebutan gymnastic.

Bukan cuma satu macam, senam punya berbagai spesifikasi, gerakan, dan manfaat yang berbeda.

Senam jantung

Biasanya diperuntukkan bagi penderita jantung karena memiliki sifat yang terarah, terukur, dan teratur. Senam jantung sehat juga merupakan olahraga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh.

Seperti Namanya, senam jantung sehat bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Pembuluh darah yang sehat membuat kerja jantung menjadi optimal, karena kedua kerja kedua organ tersebut saling berhubungan. Beberapa gerakan yang bisa dipraktikkan seperti high knees, butt kicks, lateral shuffle, standing oblique crunch, dan jumping jacks.

Senam lantai

Gerakannya dilakukan di matras dengan unsur gerakan meloncat, berguling, dan berputar di udara serta menumpu pada tangan dan kaki.

Senam artistik

Olahraga yang menggabungkan senam aerobik dengan gerakan berputar. Menggabungkan aspek berguling dan akrobatik untuk mencapai keindahan dari gerakan yang dilakukan menggunakan alat seperti lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan juga balok keseimbangan. Senam ini bisa dilakukan sendiri maupun dalam tim.

Senam aerobik

Merupakan salah satu cabang senam yang pertama. Melakukan kegiatan aktif, reaktif, energik yang biasanya diiringi musik dengan irama cepat. Senam aerobik dapat melatih otot menjadi lebih kuat, melatih jantung dan paru-paru.

Senam ritmik

Disebut juga senam irama, ini adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Senam ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tanpa alat. Alat yang digunakan biasanya hula hoop, tongkat, tali, dan bola.

Senam akrobatik

Gerakan senam yang cukup ekstrim bagi pemula karena ada gerakan salto, putaran, dan gerakan lain yang membutuhkan kelenturan dan keseimbangan. Perlu latihan khusus yang harus dipandu pelatih professional.

Senam Kesegaran jasmani (SKJ)

Merupakan senam yang populer. Ini adalah sebuah rangkaian gerakan senam diiringi musik tertentu, tujuannya mempertahankan kesegaran dan kebugaran jasmani serta rohani. SKJ mampu meningkatkan kerja jantung dan paru-paru secara optimal dan melenturkan otot. [*]

 

Penulis: Nani Indriana


Index ePaper Download PDF ePaper