Setahun Bersama Pandemi
Etalase - 129 view


Tak terasa waktu bergulir dengan cepat. Setahun yang lalu. tepatnya pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan kasus pertama COVID-19 di Indonesia. Selang sembilan hari kemudian, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi global.

Data pada 31 Maret 2021 menunjukan, dalam setahun ini Indonesia telah memiliki 1.511.712 kasus yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan 1.348.330 sembuh. Adapun 40.858 pasien meninggal dengan penyakit penyerta atau tanpa penyakit penyerta.

Pandemi ini tidak hanya membuat masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru tapi juga menimbulkan dampak lain, seperti program kesehatan nasional yang rutin dilaksanakan tidak dapat terlaksana secara maksimal. Itulah yang menjadi latar belakang mengapa redaksi mengangkat tema tentang setahun bersama pandemi sebagai Media Utama Mediakom edisi Maret ini.

Redaksi mencoba mengulas perjalanan setahun bangsa Indonesia melawan pandemi, baik dari sisi upaya yang telah dilakukan pemerintah maupun tantangan yang dihadapi. Tidak sekadar angka dan data yang dihadirkan, redaksi juga mengulas tentang sebab-sebab yang menjadikan penyakit COVID-19 dapat mengarah ke kematian hingga bagaimana penanganan jenazah pasien COVID-19. Perkembangan mutasi virus SARS CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19 terjadi sejak akhir tahun 2020 juga dibahas pada kesempatan kali ini dan upaya untuk mencegahnya.

Pandemi yang terjadi mendorong sineas untuk berkreasi menghasilkan karya dan menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang hubungan pandemi dengan perubahan iklim. Simak referensi film COVID-21: Lethal Virus yang dibuat saat pandemi COVID-19 terjadi. Rubrik resensi buku akan mengulas tentang gambaran sederhana cara menghadapi krisis kesehatan yang dituangkan dalam komik.

Jangan lewatkan tulisan ringan dan bergizi dalam rubrik Info Sehat dan artikel menarik yang tersedia dalam rubrik Serba-Serbi dan Isi Piringku yang juga akan menemani pembaca. Rubrik Peristiwa akan mengajak pembaca mengetahui perkembangan terbaru seputar vaksinasi COVID-19 dan aktivitas di Kementerian Kesehatan.

Selamat Membaca!

Salam Redaksi

 


Index ePaper Download PDF ePaper