Si Pahit dengan Segudang Manfaat
Isi Piringku - 170 view


Siapa yang tidak kenal dengan peria? Peria atau lebih akrab disebut pare merupakan tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Di Indonesia sendiri peria sering ditemui dalam berbagai jenis olahan, seperti ditumis, dibuat sebagai campuran siomai, dibuat keripik hingga diolah menjadi jus.

Peria sering dihindari sebagian besar orang karena rasanya yang pahit. Namun, di balik rasanya yang pahit ternyata peria memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Peria mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu peria juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol dan flavonoid.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, peria juga bermanfaat bagi kecantikan lho, karena nutrisi di dalam peria juga cocok bagi mereka yang menginginkan kulit cantik alami. Berikut merupakan manfaat peria yang Mediakom rangkum dari beberapa sumber.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut portal helloSehat, peria juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung antioksidan yang berlimpah, salah satunya vitamin C. Antioksidan membentuk pertahanan terhadap benda asing yang akan merusak tubuh. Antioksidan menyerang radikal bebas di dalam tubuh dan menghilangkan senyawa berbahaya lainnya yang dapat menyebabkan sejumlah penyakit.

Meredakan asma

Dilansir dari portal helloSehat, peria dapat membantu mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh kondisi pernapasan tertentu seperti asma, bronkitis, dan demam. Hal ini karena peria memiliki sifat antihistamin, antiinflamasi, dan antivirus, yang membuat peria menjadi makanan tambahan yang ideal dalam menjaga kesehatan pernapasan.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Peria sangat cocok menjadi salah satu menu bagi Anda yang sedang menjalani program diet penurunan berat badan, seperti dikutiop dari laman helloSehat, peria kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Serat makanan dapat membantu pencernaan yang baik dan gerakan peristaltik makanan dan limbah yang lancar melalui sistem pencernaan. Sehingga peria baik untuk menghilangkan gangguan pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, kandungan charantin yang tinggi mampu membantu meningkatkan serapan glukosa dan sintesis glikogen yang dapat membantu menurunkan berat badan berlebih dengan mengurangi penyimpanan sel-sel lemak

Membantu produktivitas kolagen di dalam Tubuh

Selain bagi kesehatan, peria juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Dikutip dari laman liputan6.com, peria mengandung vitamin C yang dapat membantu kesehatan pembuluh dan peredaran darah. Kesehatan pembuluh darah merupakan unsur penting bagi produksi kolagen. Sementara kolagen adalah protein penting untuk menjaga keremajaan sel kulit.

Menangkal radikal bebas

Dikutip dari portal liputan6.com, mengonsumsi seporsi peria akan memenuhi 54 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam peria akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Sehingga, dapat mengurangi resiko kanker kulit dan kerusakan sel.

Melawan dan menghilangkan radikal bebas berbahaya ini juga dapat membantu mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan. Di samping itu, peria juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari.

Nah, itulah beberapa manfaat dari peria. Setelah mengetahui bahwa peria kaya akan manfaat apakah Anda masih ragu untuk mengonsumsinya?

Penulis: Faradina Ayu

Editor: Prma Restri


Index ePaper Download PDF ePaper