Siaga Novel Corona Virus
Etalase - 127 view


Ada yang berbeda saat pergantian tahun 2019 ke 2020.

Pada akhir 2019, Pemerintah China secara resmi mengumumkan telah terjadi kasus virus corona baru di Provinsi Hubei, tepatnya di Kota Wuhan.

Kala itu penyebabnya diduga berasal dari satwa liar yang diperjual-belikan di sebuah pasar di Kota Wuhan. Hingga kemudian terjadi eskalasi jumlah penderita, dari yang sebelumnya ratusan menjadi ribuan orang terjangkit virus yang disebut novel coronavirus atau 2019-nCoV.

Tidak hanya China, lebih dari 15 negara pada akhir Januari 2020 menyatakan telah mendeteksi penderita novel coronavirus. Penyebaran yang sebelumnya diduga berasal dari hewan ke manusia kemudian terkonfirmasi mampu menular dari manusia ke manusia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI langsung  bersiaga, mulai dari pintu masuk negara hingga ke rumah sakit dan fasilitas laboratorium, untuk mencegah 2019-nCoV masuk ke Tanah Air. Setidaknya ada 135 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang bersiaga mendeteksi novel coronavirus dengan mengawasi lalu lintas orang dan barang yang datang dari China maupun negara terjangkit lainnya.

Kemenkes RI juga telah menunjuk 100 rumah sakit di seluruh provinsi yang akan menjadi rujukan bila ada masyarakat yang kedapatan memiliki tanda dan gejala yang mengarah ke 2019-nCoV. Bio Safety Level 2 (BSL 2) di bawah komando peneliti dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan Badan Litbangkes bersiap melakukan pengujian atas sampel pasien yang diduga terjangkit novel coronavirus untuk kemudian memastikan kondisi pasien.

Berbagai kesiapsiagaan dan upaya cegah tangkal novel coronavirus yang dilakukan Kemenkes RI dituangkan dalam Mediakom edisi awal tahun 2020. Liputan khusus akan menghadirkan upaya Kemenkes  RI merangkul remaja atau milenial untuk memperhatikan nilai gizi saat setiap kali mengonsumsi makanan.

Redaksi Mediakom juga menyuguhkan liputan dari daerah yang kali ini mengangkat tentang Balai Kesehatan Olaharga Masyarakat Bandung. Juga ada laporan dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat tentang bahaya ketergantungan gadget pada anak-anak.

Dalam edisi awal tahun ini juga dikenalkan rubrik baru, di antaranya Kilas Internasional yang menyajikan beragam tren kesehatan global dan Newsflash yang merangkum informasi kegiatan selama sebulan dari berbagai satuan kerja dan unit pelaksana teknis Kemenkes RI.

Prosi informasi dalam rubrik Info Sehat dan Serba-serbi juga ditambah. Semua disajikan dalam kemasan yang lebih menarik dan fresh.

 

Selamat membaca!

Salam redaksi.

 

 


Index ePaper Download PDF ePaper