Sosialisasikan Pola Hidup Sehat, Kemenkes Gelar Healthies Run 5K
Peristiwa - 162 view


Meningkatnya jumah penderita penyakit tidak menular (PTM) yang merupakan penyumbang angka kematian terbesar di Indonesia mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan gebrakan agar masyarakat tersadar akan pentingnya pola hidup sehat. 

Untuk itu pada hari Minggu tanggal 6 Okotber 2019, untuk pertama kalinya Kemenkes menggelar kegiatan olahraga lari bersama masyarakat yang diberi nama Healthies Run 5K. 

Ada penyakit katastropik itu tinggi, seperti gagal ginjal, kanker, diabetes. Penyakit katastropik ini sebenarnya bisa dicegah dengan pola hidup sehat, salah satunya lari ini,” ujar Menkes, Nila Moeloek sebagaimana dikutip dari rilis Kemenkes.

Sejak tahun 2017 lalu Kemenkes telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dimana salah satunya menganjurkan kepada masyarakat untuk melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit dalam sehari atau 150 menit dalam seminggu. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, pesan kepada masyarakat untuk rutin melakukan aktifitas fisik dapat tersampaikan.

Healthies run tak hanya lari tapi ada pesan kesehatan untuk masyarakat. Diikuti lebih dari seribu peserta terdiri dari masyarakat dan komunitas runner,” terang Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Primadi.

Penulis : Didit Tri Kertapati

Editor : Prima Restri 


Index ePaper Download PDF ePaper