Upaya Meredam Covid-19
Media Utama - 144 view


Upaya Meredam Covid-19

Penulis : Khalil Gibran, Editor : Sulistyo

Pada 11 Maret 2020, Organisasi Kesehatan Dunia-WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi global. Hal inilah yang mendasari pemerintah Indonesia menetapkan dan meningkatkan status wabah COVID-19 menjadi status bencana nasional. Sebelumnya, pemerintah mengimbau masyarakat Indonesia agar melangsungkan kegiatan belajar, bekerja, dan beribadah di rumah.

“Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong dan bersatu padu. Gotong royong, kita ingin ini jadi gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 bisa ditangani maksimal” ujar Presiden Joko Widodo saat konferensi pers di Istana Bogor, Minggu (15 Maret 2020).

Imbauan presiden untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah tentu bertujuan untuk meminimalkan kontak fisik masyarakat dalam berbagai kegiatan perkumpulan, di mana hal inilah yang dinilai oleh para ahli menjadi penyebab dan gerbang utama penularan dan penyebaran virus COVID-19.

Beberapa instruksi pemerintah yang sering digaungkan meliputi disiplin menerapkan physical distancing atau jaga jarak aman, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan banyak makan-minum bergizi serta rajin berolah raga, serta cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir.

Wastafel portabel

Banyak jalan menuju roma, banyak pula cara untuk membuat masyarakat terbiasa hidup sehat dengan hemat.

Hal inilah yang dilakukan Pemerintah Kota Surabaya dengan memasang 140 wastafel portabel di berbagai titik fasilitas umum dan sekolah yang tersebar di Kota Surabaya sejak awal Maret 2020. Upaya ini dilakukan untuk mempelihatkan bahwa negara hadir dan melindungi masyarakat di tengah merebaknya wabah pandemi COVID-19.

Mengutip antaranews.com,  Iman Krestian, Kabid DPRKP-CKTR Kota Surabaya mengatakan, “Proses pengerjaan untuk membangun sebuah wastafel portabel bisa dikatakan cepat, hanya membutuhkan selang dan pipa yang diarahkan ke saluran air terdekat”.

Sementara itu, Tri Rismaharini, Walikota Surabaya berujar bahwa yang perlu dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19 adalah rajin cuci tangan hingga bersih dengan air mengalir.

“Ini penting (CTPS dengan air mengalir), salah satunya untuk menjaga sistem imun kita, lingkungan kita harus bersih dan menerapkan pola hidup sehat,” ujar Risma seperti yang ada dalam humas.surabaya.go.id.

Pemkot Surabaya juga memastikan akan terus mencari tempat strategis lainnya untuk penambahan wastafel portabel agar warga Surabaya dapat membiasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sesering mungkin di mana pun dan kapan pun mereka berada.

Gerakan wastafel portabel oleh Pemkot Surabaya sudah terdengar hingga ke pemerintah pusat, dalam hal ini Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 yang, mengimbau masyarakat untuk memperbanyak wastafel portabel guna memudahkan kegiatan mencuci tangan.

"Dianjurkan kepada masyarakat, termasuk pemerintah daerah, untuk lebih memperbanyak wastafel portabel sehingga memudahkan masyarakat yang berpergian sering mencuci tangan sebagai langkah pertama untuk mencegah COVID-19," ujar Wiku Adisasmito,  Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19, seperti dikutip dari bnpb.go.id

“Jika kita menerapkan disiplin perilaku ini, baik nasional, provinsi, kota, desa, RW/RT, sampai tingkat keluarga, kami sangat percaya bahwa kita bisa secepatnya menekan kasus ini”, pungkas Wiku.


Index ePaper Download PDF ePaper