Wedang Jahe, Hangat dan Berkhasiat
Info Sehat - 530 view


Musim hujan telah tiba. Menjaga tubuh agar tetap bugar di musim yang kerap disebut “musim sakit” ini terutama dari serangan Influenza jelas menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu cara agar tubuh kita tetap bugar di musim hujan ini adalah menjaga suhu tubuh tetap hangat. 

Salah satu cara menjaga kehangatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu menghangatkan, seperti secangkir wedang jahe. Minuman tradisional Indonesia ini sudah sangat terkenal mampu menghangatkan tubuh termasuk memiliki khasiat yang mampu menjaga kebugaran tubuh.  

Wedang dalam Bahasa Jawa artinya minuman panas. Jahe sendiri merupakan tumbuhan jenis rimpang yang memiliki aroma khas dan sering dimanfatkan sebagai bumbu masak maupun ramuan pengobatan alternatif. Wedang Jahe biasanya diperkaya dengan berbagai rempah lain yang semakin menguatkan khasiatnya. Selain untuk menghangatkan tubuh, berikut adalah beberapa manfaat wedang jahe: 

 

  • Mengatasi Flu

 

Flu atau Influenza menjadi kondisi umum yang sering terjadi pada saat musim hujan. Gejala yang ada biasanya pilek, batuk, menggigil, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sumeng atau tidak enak badan. Mengonsumsi wedang jahe bisa mengurangi gejala flu. 

Jahe memiliki manfaat analgesik dan anti inflamasi yang dapat mengurangi iritasi, rasa sakit, serta rasa tidak nyaman yang ditimbulkan karena flu. Memiliki sifat ekspektoran yang berperan dalam menormalkan sistem pernapasan. Jahe juga mengandung oleoresin yang dapat mencegah berlebihnya lendir.

 

  • Mengurangi Mual Muntah

 

Jahe berkhasiat untuk meredakan mual yang dialami saat kita mengalami mabuk kendaraan, morning sickness pada ibu hamil, atau mual karena efek samping pemulihan setelah operasi maupun kemoterapi. Studi dari American Society of Clinical Oncology di tahun 2009, melaporkan terjadi penurunan 45% risiko muntah bagi pasien kemoterapi yang mengonsumsi jahe.

 

  • Melegakan Tenggorokan

 

Mengonsumsi wedang jahe memberikan efek hangat pada tenggorokan, sehingga dapat melegakan tenggorokan yang sedang gatal atau tersumbat. 

 

  • Meredakan Nyeri dan Sakit

 

Jahe mengandung senyawa Gingerol dan Fenol, di mana keduanya bersifat analgesik yang mampu meredakan rasa sakit. Mulai dari meredakan gejala iritasi lambung, meredakan keram perut saat menstruasi, hingga meredakan nyeri otot pascaolahraga. Jahe juga mengandung anti inflamasi yang mampu mengurangi dampak rheumatoid arthritis atau rematik secara perlahan lahan.

 

  • Meningkatkan Metabolisme Tubuh

 

Mengutip dari kompas.com, jahe mengandung banyak mikro RNA yang mempengaruhi keseimbangan mikrobiota dalam saluran pencernaan manusia, sehingga membantu mencegah peradangan dinding usus serta melancarkan metabolisme. 

Mudah, murah, dan berkhasiat adalah julukan yang pas untuk wedang jahe. Seperti resep yang bisa dicoba ini.

Bahan:

2 liter air

1 jahe merah utuh

2 jahe putih utuh

1 batang besar kayu manis

8 butir cengkeh

20 butir merica bulat

80 gram gula merah

140 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Cuci bersih semua rempah
  2. Panaskan air
  3. Bakar Jahe berserta kulitnya di atas api sedang selama 5 menit, kemudian bersihkan dengan air mengalir
  4. Masukkan semua rempah ke dalam rebusan air

  5. Rebus hingga mendidih dan wangi rempah menguar

  6. Saring dan nikmati

    *untuk 8 cangkir

Meski memiliki beragam manfaat, tentu porsi dan waktu mengonsumsi minuman ini tetap harus diperhatikan. Sebaiknya wedang jahe tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah untuk mengindari risiko pendarahan.

 

Penulis: Nani Indriana

Editor: Sopia Siregar


Index ePaper Download PDF ePaper