Oktober 2021Serba Serbi

Aplikasi Self Healing ini Bantu Lepaskan Stres

Mengalami stres adalah hal yang wajar dalam kehidupan sehari-hari. Tapi jangan berkepanjangan. 

Perasaan tidak nyaman, tertekan, maupun stres, seringkali kita alami saat kita mendapatkan tekanan atau menghadapi situasi sulit. Terutama dalam masa pandemi ini, banyak hal yang dapat membuat kita mengalami depresi sehingga mengakibatkan kita sering merasa gelisah, cemas, sulit tidur, bahkan sampai mengalami keluhan fisik seperti sakit kepala.

Berbagai macam cara dilakukan untuk menghilangkan stres. Ada yang menanganinya dengan cara mencari hiburan seperti menonton televisi dan mendengarkan musik. Adapula yang pergi ke tempat rekreasi untuk menyenangkan diri. Namun saat aktivitas luar dibatasi pandemi, tentunya sulit bagi kita untuk melepaskan stres dengan cara berpergian. Jika stres dirasa terlalu berat, cara terbaik tentunya adalah dengan mencari bantuan profesional seperti psikolog dan psikater.

Alternatif lain yang bisa kita pilih adalah dengan memanfaatkan teknologi ponsel pintar untuk mengunduh aplikasi yang bisa membantu menjaga kesehatan mental kita. Beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan yaitu :

  1. Sehat Jiwa

Aplikasi Sehat Jiwa merupakan aplikasi gratis dari Kementerian Kesehatan RI. Dalam laman sehat-jiwa.kemkes.go.id diterangkan, pada aplikasi ini terdapat fitur konsultasi online dimana kita bisa melakukan konsultasi langsung melalui pesan singkat dengan pskiater dan psikolog. Aplikasi ini juga mendukung fitur layanan informasi untuk mencari fasilitas kesehatan jiwa di rumah sakit, Puskesmas, Klinik dan Dinas Kesehatan. Adapula fitur deteksi dini untuk mengetahui kondisi kesehatan mental kita, dan juga fitur bantuan cepat 119 untuk keadaan darurat.

  1. Riliv

Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa yang diprakarsai oleh psikolog profesional. Dilansir dari laman hellosehat, Riliv memiliki sumberdaya 6 orang psikolog profesional untuk fitur konseling yang bisa didapatkan dengan cara berbayar. Adapula fitur meditasi harian dengan fasilitas pengingat waktu meditasi, fitur menulis jurnal, dan fitur penanda emosi. Riliv juga menyediakan fitur Lelap untuk membantu kita mengatasi susah tidur.

  1. Wysa: anxiety, depression & sleep therapy

Wysa memiliki fitur unik yaitu chatbot yang merupakan program kecerdasan buatan yang dirancang khusus untuk menjadi teman curhat (AI Friend) dan memberikan nasihat bagi pengguna aplikasi. Dilansir dari laman brilio.net, melalui chatbot kita bisa curhat apa saja tanpa takut ketahuan, dan program dalam fitur chatbot akan membantu membuat prioritas masalah yang ingin diselesaikan, dan menemukan solusi untuk mengatasinya. Wysa juga memiliki fitur meditasi dan konsultasi online dengan profesional.

  1. SAM Self-help App for the Mind

Kecemasan merupakan salah satu respon terhadap stres yang terjadi pada tubuh kita. Kecemasan kadang timbul tanpa disadari dan muncul dari alam bawah sadar. Aplikasi SAM bisa menjadi pilihan untuk digunakan saat kecemasan terjadi. Dalam laman brilio.net dijelaskan, aplikasi SAM memiliki fitur antara lain Anxiety tracker, Anxiety Toolkit, Self-help with SAM, Help for Anxiety NOW serta Social Cloud. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, kita bisa menemukan penyebab kecemasan pada diri kita. SAM juga memberikan pilihan solusi untuk mengatasi kecemasan, dan memberikan teknik pertolongan pertama saat terjadi kecemasan. SAM juga memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk saling berkomunikasi melalui fitur Social Cloud, yang bisa dipergunakan untuk berbagi cerita kepada sesama pengguna SAM.

  1. CBT Companion: (Cognitive Behavioral Therapy app)

Cognitive Behavioral Therapy (CBT) merupakan terapi perilaku yang cukup efektif mengatasi gangguan kecemasan, depresi, gangguan ledakan amarah, serta sindrom paska traumatis. Dalam laman resminya cbtcompanion.com dijelaskan, aplikasi CBT Companion menawarkan fitur untuk mempelajari dan mempraktikkan teknik CBT untuk mengatasi masalah mental kita.  Fitur dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan menyenangkan serta dilengkapi video untuk mendapatkan hasil Latihan yang lebih baik. CBT Companion juga memiliki fitur untuk mengukur progress latihan, dan memberikan tantangan untuk meningkatkan ketrampilan dalam menggunakan teknik CBT.

Menjaga kesehatan mental merupakan hal penting untuk dilakukan, karena dengan memiliki mental dan pikiran yang sehat, tubuh kita akan bisa melakukan hal-hal positif. Dengan bantuan aplikasi di atas, kita bisa menjaga kondisi mental kita agar selalu dalam keadaan prima, sehingga kita bisa beraktivitas sehari-hari dengan normal dan bahagia.

Aplikasi self healing ini semoga bisa membantu Anda dalam melepaskan stres berlebih.

Ferri Satriyani

Penyuka fotografi serta Penikmat film dan serial

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button