Kilas InternasionalOktober 2021

Harapan Baru dari Molnupiravir

Perusahaan farmasi Amerika Serikat mengumumkan temuan molnupiravir, obat oral untuk pasien COVID-19. Hasil uji klinis dan data keamanannya belum dirilis.

Awal Oktober lalu, perusahaan farmasi Amerika Serikat, Merck & Co, mempublikasikan penelitian terbaru mereka mengenai obat molnupiravir. Dalam rilisnya, perusahaan itu menyatakan bahwa obat oral antivirus tersebut secara signifikan dapat mengurangi risiko rawat inap maupun kematian pada pasien COVID-19 hingga 50 persen. Berdasarkan hasil riset tersebut, mereka berencana untuk mengajukan izin penggunaan darurat kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (FDA) sesegera mungkin.

“Dengan hasil yang meyakinkan ini, kami optimistis bahwa molnupiravir dapat menjadi obat penting sebagai bagian dari upaya global untuk memerangi pandemi,” kata Robert M. Davis, Direktur Utama Merck, pada 1 Oktober lalu. Robert juga menyampaikan bahwa saat ini banyak alat dan perawatan yang dibutuhkan untuk memerangi pandemi COVID-19, yang telah menjadi penyebab utama kematian dan membebani sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) saat ini masih menunggu data klinis lengkap mengenai obat antivirus tersebut. “Memang ini adalah perkembangan yang menarik. Kita harus melihat data lengkapnya. Jika itu benar, maka itu adalah senjata lain dalam perang melawan pandemi COVID-19,” tutur Christian Lindmeier, juru bicara WHO, seperti dikutip Reuters.

Jika molnupiravir ini dapat digunakan, maka dia menjadi obat antivirus oral pertama untuk COVID-19. Sejauh ini, terapi lain yang ditawarkan untuk melawan COVID-19 adalah antivirus remdesivir dari Gilead Science dan monoklonal antibodi dari perusahaan bioteknologi Regeneron. Kedua jenis obat terakhir ini harus diberikan melalui infus atau suntikan sehingga menyulitkan orang untuk mengakses terapi sebelum mereka cukup sakit untuk dirawat di rumah sakit.

1 2 3Laman berikutnya

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button